Cara Menghindari Kesalahan Dalam Penataan Interior Rumah

Untuk membuat tempat tinggal kita menjadi indah dan fungsional, kadang-kadang kita membuat kesalahan dalam penataan interior rumah. Dan alhasil, dengan kesalahan penerapan dekorasi itu akan membuat rumah kita bukannya nyaman untuk di tempati, tapi malah berkesan sangat membosankan.

Pilihan penataan yang salah bisa berasal dari perencanaan yang buruk, keputusan yang terburu-buru, atau juga dari keragu-raguan.



Mungkin beberapa cara ini bisa menciptakan rumah yang sesuai dengan keinginan Anda

1. Sesuaikan dengan gaya Anda

Mungkin salah satu alasan yaitu kurangnya kepercayaan, yang nantinya akan mengarah pada kebimbangan. Jangan akhiri penataan interior rumah yang nanggung dan tidak mengekspresikan apa-apa tentang Anda.

Dan sebaliknya, zona kenyamanan Anda mungkin mendeskripsikan diri Anda yang sebenarnya.

Jelajahi pilihan desain berani mungkin menakutkan. Ini adalah tanda-tanda Anda harus meminta bantuan agar Anda tidak kebingungan dan kehilangan kepercayaan dalam naluri.

Pertimbangkan untuk menyewa jasa desainer interior, karena mereka adalah tenaga profesional terlatih yang akan melihat rumah Anda dengan mata yang segar.

Jadilah yakin, bahwa sesuatu yang baik tidak akan memaksakan rasanya pada Anda, tetapi justru akan mengarahkan Anda ke beberapa pilihan untuk memperjelas visi Anda.

2. Pilihlah karya seni itu karena Anda memang menyukainya

Jangan pernah membeli karya seni hanya karena cocok atau untuk mengisi dinding.

Seni harus mengangkat semangat Anda, memprovokasi pemikiran, atau membuat Anda berhenti sejenak dan menikmatinya.

Seni adalah pribadi, sehingga carilah yang mencerminkan Anda. Seni tidak melulu harus yang layak dipajang di museum.

Ada beberapa pilihan untuk itu, misalnya foto profesional dan keluarga, hiasan dinding, seni anak-anak, hadiah dari teman dan usaha Anda sendiri.

Untuk menggantung seni, tempatkan pada setingkat mata. Jika Anda menggantung sepotong seni yang menakjubkan di atas permukaan di mana Anda juga ingin memamerkan barang-barang lainnya, belajar seni sketsa.

3. Jangan asal menerapkan cat

Menguji warna cat kadang-kadang membutuhkan waktu yang lebih lama daripada menerapkan cat.

Para ahli menyarankan bahwa Anda harus selalu menguji cat di dinding dalam satu ruang yang dituju.

Tekstur permukaan dinding berbeda dari lembar sampel. Terapkan dua lapis dan selalu gunakan lapisan primer jika bekerja dengan warna yang kuat. Kemudian tes pada setiap dinding yang akan dicat.

4. Seimbangkan harga dan kualitas

Furnitur mewah tidak secara otomatis membuat ruangan yang indah, namun perlu diingat pepatah bahwa "sesuatu yang murah bisa berakhir mahal."

Sebuah furnitur yang murah akan menunjukkan keindahan yang sesungguhnya lebih cepat dari yang Anda inginkan. Kuncinya, selalu beli yang terbaik semampu Anda.

5. Jangan malu melampaui batas

Desainer Anne Ellard menyebutnya katalog tampilan dan mengatakan, jangan malu melampaui batas-batas gaya.

"Saya lebih suka, tampilan eklektik alami yang menggabungkan berbagai gaya dan potongan-potongan dari era yang berbeda," kata dia.

6. Cermati ukuran

Pengukuran yang sering diabaikan adalah tinggi lengan kursi makan. Jangan membeli kursi tanpa pengukuran itu.

Periksa ketinggian terhadap meja Anda jika ruangan cenderung sempit dan kursi harus terselip di bawahnya bila tidak digunakan. Dalam situasi ini, pilihan terbaik mungkin dengan memilih kursi tanpa lengan.

7. Dapatkan lampu yang tepat

Untuk mendapatkan cahaya yang sempurnya, minimal gantung lampu setinggi 32 inci antara dasar cahaya dan meja.

Untuk menghindari kesalahan, konsultasilah dengan desainer pencahayaan dengan mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti ketinggian langit-langit, terang-tidaknya sumber cahaya, ukuran warna dan panjang rantai.

Cobalah membawa lampu untuk menerangi di ruangan gelap sehingga Anda dapat melihat tampilannya di malam hari dan memeriksa penyebaran cahaya. Beberapa toko pencahayaan memiliki bilik khusus untuk tujuan ini.

8. Jaminan

Setelah semua langkah telah dilalui, ketahui juga barang-barang ini mungkin bisa rusak. Simpan dokumen garansi dan struk pembelian.

Perjelas rincian garansi untuk barang besar, misalnya apakah ada kondisi khusus dan bagaiamana prosedur klaim di waktu mendatang.

edited by Jasa Desain Interior Rumah
sumber:KompasProperti

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harga Jasa Desain Rumah Minimalis